Toyota bZ4X kembali mendapatkan kehormatan untuk dipakai dalam event kenegaraan bertaraf internasional. Kali ini, Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota ini mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023.

Sebelumnya, mobil listrik Toyota bZ4X turut digunakan pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9–11 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 5–7 September 2023.

Kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada PT Toyota-Astra Motor (TAM) merupakan sebuah kebanggaan karena dapat berpartisipasi aktif untuk mensukseskan berbagai event negara. Pemilihan Toyota bZ4X merupakan bagian dari strategi dan refleksi pengalaman KTT G20 untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi tamu negara.

Toyota bZ4X dibangun dari basis platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dioptimalkan dan didedikasikan untuk BEV. Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh. Sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km zero emission.

Komitmen Toyota terkait kendaraan elektrifikasi tidak lepas dari upaya mendukung penuh strategi Pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060. Sejalan juga dengan Toyota Environmental Challenge 2050 untuk mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Toyota menerapkan strategi multiple pathways untuk meningkatkan kecepatan dan skala dalam mencapai netralitas karbon. Toyota menawarkan berbagai pilihan teknologi elektrifikasi yang lengkap mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).

Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota membutuhkan fasilitas pengisian ulang baterai untuk mengoperasikan motor listrik. Toyota telah memberikan paket wall charger sehingga pemilik BEV bZ4X dan RAV4 GR Sport PHEV dapat melakukan charging baterai xEV di rumah.

Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di Mall Ashta District 8

Supaya mobilitas pelanggan BEV dan PHEV Toyota dapat lebih fleksibel di area perkotaan, Toyota menghadirkan fasilitas Privilege Charging Spot. Sekarang, telah disediakan fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di Mall Ashta District 8, Senopati, Jakarta Selatan (Basement LG).

Privilege Charging Spot adalah fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota. Tersedia 1 unit Ultra Fast Charger (UFC) 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW)) dan 2 unit AC Charger Type 2 7 kW yang dapat dimanfaatkan gratis selama pelanggan shoping atau hang out.

Tidak hanya itu, Toyota juga menyediakan tambahan total 8 titik parkir atau Privilege Parking Spot yang merupakan area parkir khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota. Kemudahan tersebut akan membuat pengguna xEV Toyota tidak perlu bingung mencari spot parkir.

 

Fasilitas Charging Spot di Dealer Toyota

Dengan jaringan workshop yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, pelanggan tidak hanya dapat melakukan servis berkala dan perbaikan BEV dan PHEV Toyota, tapi juga mengisi ulang baterai secara gratis di fasilitas charging spot.

Sudah ada 50 dealer Toyota yang memiliki fasilitas ini dan akan bertambah hingga 200 dealer di akhir tahun 2023, serta lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang. Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW.

Toyota xEV Ecosystem akan terus dibangun untuk mendukung mobilitas pelanggan. Rencananya paling lambat di tahun 2025, outlet Toyota di seluruh Indonesia telah memiliki fasilitas charging spot berdaya 22 kW. Termasuk pemasangan sekitar 5 unit UFC di outlet Toyota di sekitaran pulau Jawa.

 

Fasilitas Charging Spot di Rest Area Jalan Tol

Toyota xEV Ecosystem memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV Toyota dengan mempersiapkan fasilitas Ultra Fast Charging Spot di rest area Jalan Tol Trans Jawa yang rencananya akan dilengkapi unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120 kW.

Untuk menunjang mobilitas antar kota tanpa kendala kapasitas baterai xEV, Toyota akan mengoperasikan berbagai tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW dan 22 kW pada beberapa rest area lainnya.